Selasa, 19 Februari 2013

Sekilas Tentang Baden Powell



Pendiri Gerakan Kepramukaan Sedunia adalah Lord Robert Baden Powell of Gilwell, yang didasari pada pengalaman hidupnya, untuk melakukan pembinaan pada remaja di negera Inggris ketika itu.
 
Baden Powell lahir pada tanggal 22 Pebruari 1857 di London, dengan nama Robert Stephenson Smiyth. Ayahnya seorang Profesor Geometry di Universitas Oxford, bernama Baden Powell. 

Pengalaman Baden Powell yang berpengaruh pada kegiatan Kepramukaan adalah :
  1. Ditinggal bapaknya sejak kecil dan mendapatkan pembinaan watak dari ibunya.
  2. Latihan ketrampilan berlayar, berenang, berkemah, olah raga dan lain-lain dari kakak-kakaknya.
  3. Baden Powell disenangi rekan-rekannya karena selalu gembira, lucu, cerdas, suka main musik, bersandiwara, mengarang dan menggambar.
  4. Ketika di India, sebagai Pembantu Letnan pada Resimen 13 Kavaleri yang berhasil mengikuti jejak kuda yang hilang dan keberhasilanmelatih panca indra kepada Kimball-O’Hara.
  5. Pengalaman terkepung bangsa Boer di Kota Mafeking, Afrika Selatan selama 127 hari dan kekurangan makan
  6. Pengalaman mengalahkan Kerajaan Zulu di Afrika dan mengambil kalung manik kayu milik Raja Dinizulu

Buku “Aids To Scouting” adalah karya Boden Powell yang berisi petunjuk kepada tentara muda Inggris agar dapat melakukan tugas penyelidik dengan baik.
Buku “Scouting for Boys” juga karya Baden Powell yang berisi cerita pengalamannya sebagai pengantar acara latihan kepramukaan yang dirintisnya.
Baden Powell pension dari tentara pada tahun 1910 dengan pangkat terakhir Letnan Jendral, dan mendapat title “LORD” dari Raja George pada tahun 1929. Baden Powell menikah dengan Olave St Clair Soames tahun 1912 dan di karuniai 3 orang anak.
Baden Powell meninggal pada tanggal 8 Januari 1941 di Nyeri, Kenya, Afrika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar